Teori Belajar dan Implementasinya


Teori Belajar dan Implementasinya





Disusun oleh:
1.      Ahmad Najahu Taufik ( 22/13410223 )

PAI-F

2013/2014
Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

A.  Pengertian belajar
Belajar adalah salah satu topic paling penting di dalam psikologi, ada beberapa ahli yang mengungkapkan konsep mengenai belajar, American heritage dictionary mendifiniskan sebagai berikut belajar adalah kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan, pemahaman, atau penguasaan melalui pengalaman atau studi. Sedangkan menurut Kimble mendifiniskan sebagai belajar adalah perubahan yang relative permanen didalam berhavioral potentiality (potensi berhavior) yang terjadi sebagai akibat dari reinforced pretice (praktik yang diperkuat). Menurut gagne(1984) belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisasi berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Arthur J. Gates et al mengatakan bahwa belajar harus ada atau terjadi perubahan tingkah laku melalui pengalaman dan latihan.
Sehingga disimpulkan belajar adalah suatu bentuk aktivitas manusia baik jasmaniah maupun rohaniah untuk mengembangkan tingkah laku secara kuantitatif dan kualitatif supaya dapat menguasai sejumlah pengetahuan dan kecakapan.
B.  Teori-teori belajar
1.      Teori Belajar Sosial
Teori ini dikembangkan oleh albert bandura tahun 1969.teori ini sebagian besar prinsip teori belajar perilaku tetapi memberi lebih banyak penekanan pada efek-efek isyarat pada perilaku dan proses mental internal.jadi dalam proses belajar sosial kita menggunakan penjelasan rainfocemen external dan penjelasan kognitif internal untuk memhami bagaimana kita belajar dari orang lain. Teori belajar sosial menekankan bahwa lingkungan-lingkungan yang dihadapkan pada seseorang tidak random, lingkungan itu kerap kali dipilih dan diubah oleh orang itu melalui perilakunya.
2.      Teori Belajar Kontiguitas Stimulus-Respons
Menurut Guthrie suatu stimulus atau gabungan-gabungan stimuli itu akan dapat menimbulkan suatu respose. oleh karena itu, esensi belajar adalah terdiri atas usaha untuk memperluas response-response pembawaan atau yang diperoleh terhadap stimulus-stimulus atau pengganti stimuli
3.      Teori Reinforcement Stimulus-Respons Atau Teori Perkuatan S-R
Reinforcement diartikan sebagai memperkuat kembali, menekankan kembali, mengangkatkan kembali, perkuatan atau penguatan S-R . yang menjadi dasar dari teori perkuatan S-R adalah dengan memberikan sesuatu sebagai hadiah atau hukuman akan membetuk atau memperkuat pola tingkahlaku tertentu, yaitu hubungan antara S-R pada mulanya teori tersebut oleh penciptanya yaitu E.L. Thorndike disebut “trial and error learning” , belajar mencoba dan salah atau kegagalan.
4.      Teori belajar insight kognitif
Kontiguitas atau perkuatan menurut teori tadi diakui sebagai pemertegak hubungan S-R secara otomatis, secara dengan sendirinya tanpa mediasi atau perantaraan pengertian atau berpikir. Sebaliknya pada teori kognisi teori insight menekankan peranan pengertian dan interpretasi intelektual dalam poses belajar. Teori kognisi lebih menekankan atau memusatkan perhatianya secara eksklusif pada stimuli dan resnponse-response yang dapat diobservasi. Teoretisi kognisi mencari penjalasan proses belajar dalam arti penstrukturan yang serta merta atau proses pembentukan proses yang dipakai sebagai pembimbing untuk mempelajari tindakan atau perfomance.
5.      Teori Ausubel
Ausberg belajar dapat diklasifikasikan menjadi 2 dimensi . dimensi pertama berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran yang disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan. dimensi ke 2 menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengaitkan informsi itu pada struktur kognitif yang telah ada.
C.  Aplikasi Dari Teor-Teori Belajar
Dengan telah mengetahui beberapa teori dari berapa ahli kita dapat menyimpulkan cara aplikasinya dalam dunia pendidikan.antara lain sebagai berikut:
1.      Dengan mempertimbangkan teori Ausubel ,kita dapat menyimpulkan bahwa pendidik harus mengarahkan siswanya ke materi yang akan dipelajari dan menolong mereka untuk mengingat kembali informasi yang berhubungan yang dapat digunakan dalam membantu menanamkan pengetahuan baru.
2.      Pendidik mengajarkan konsep yang bali inklusif dahulu kemudian yang kurang inklusif dan setlah itu baru mengajarkan hal-hal yang khusus.
3.      Materi pelajaran hendaknya disusun sedemikian rupa hingga kita menggerakan hierarki-hierarki konseptual .”keatas dan kebawah” selama informasi disajikan.
4.      Dengan menyimpulkan belajar kontiguitas stimulus response, yang menyatakan belajar terdiri atas perluasan response-response pembawaan, jadi guru menerapkan konsep-konsep belajar secara kognituitas (berkelanjutan) sehingga murid terbentuk pola dan kebiasaan positife dalam pembelajaran.
5.      Guru diharapkan agar anak didik merasa nyaman pada waktu pembelajaran, karena biasanya dirumah anak pada umumnya dilayani dengan kasih saying, ramah tamah, tidak dimarahi, tidak dibentak-bentak, dan ditakuti-takuti, dan sebagainya oleh ibu dan ayah, sehingga merasa senang, jadi guru pertama sekali harus membuat mirip orang tua anal dalam melayani dan secara berangsur-angsur diarahkan kepada situasi sekolah yang sebenarnya.
6.      Berilah murid kasus-kasus pemecahan masalah, biar dia menglami penguatan stimulant-response, sehingga anaka akan mendapat konsep pemcaha maslahnya, dan iapun akan lebih percaya kepada cara pemecahanya.


















SUMBER-SUMBER
Dahar, Ratna Wills,2011,Erlannga, Jakarta,2011

Fudyartanta, Ki, Psikilogi umum I dan II,Pustaka Pelajar,Yogyakarta,Yogyakarta,2011.

Hergenhanh,B. R, Theories of learning(teori belajar), kencana,jakarta,2008.




Share on Google Plus

About info lan tips bermanfaat

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

abijahhackathorn mengatakan...

Grand Casino - Las Vegas, NV - Mapyro
Grand Casino - Las Vegas, NV - Use 포항 출장샵 this simple form to 진주 출장마사지 find your way around the casino. You'll find 양주 출장마사지 all the information you need 포항 출장안마 and get directions 성남 출장안마 if you need to